Solusi untuk Dapur Mungil Agar Selalu Rapi

Punya dapur mungil—karena Anda tinggal di apartemen sempit atau rumah minimalis yang luasnya tak lebih dari 35 meter persegi—harusnya tidak jadi alasan untuk membiarkannya berantakan.

Dengan alasan tak ada ruang lagi untuk menyimpan barang, Anda pun menumpuk setiap alat atau barang di dapur dengan sembarangan. Padahal kondisi ini membuat dapur makin tidak nyaman dilihat dan makin bikin malas buat membereskannya.

Untuk mengatasinya, yuk, contek aturan merapikan dapur mungil dari Rumah.com berikut ini.

1. Kategorikan berdasarkan fungsi

Jangan campur seluruh peralatan di satu sisi. Kategorikan setiap barang yang ada di dapur Anda sehingga dapat dicari dengan mudah tanpa perlu membuat barang lainnya berantakan.

Kategorikan sendok, dapur, piring, di satu lemari atau laci khusus dan jangan disatukan dengan panci dan alat masak. Anda bisa menambahkan label di depan laci agar mudah mencarinya.

2. Lemari khusus bumbu

Bumbu-bumbu dapur untuk memasak biasanya memiliki aroma khas yang tajam. Jadi siapkan lemari khusus untuk menyimpan bumbu tersebut agar dapur Anda yang sempit tidak dipenuhi oleh aroma bumbu.

Masukkan setiap bumbu ke dalam boks penyimpan dan tutup rapat. Pasalnya aroma menyengat di dapur mungil berisiko mengundang kecoak atau tikus dan aroma ini juga bisa menyebar ke seluruh ruangan lainnya.

3. Manfaatkan dinding

Setiap dinding di dapur dapat Anda gunakan untuk menempelkan rak atau kabinet sebagai tempat menyimpan peralatan makan dan peralatan masak.

Jangan lupa untuk selalu membersihkan lemari penyimpan dan raknya. Pastikan tidak ada ceceran makanan atau ada kemasan makanan yang bolong atau bocor agar tidak mengundang semut masuk ke dalam dapur.

4. Sesuai penggunaan

Tempatkan peralatan dapur berdasarkan jangka waktu pemakaiannya. Jika barang tersebut jarang digunakan, misalnya hanya setahun sekali untuk mempersiapkan makanan Lebaran, maka letakkan di rak atau lemari paling atas.

Sementara untuk peralatan yang sering digunakan, letakkan di lemari yang mudah digapai. Pisahkan juga antara barang pecah belah atau yang mudah pecah dengan barang berbahan aluminium.

5. Gantungkan panci

Untuk peralatan masak yang memiliki gagang, sebaiknya bisa Anda gantung di atas kompor atau meja makanan untuk menyimpannya. Hal ini berguna untuk menghemat tempat penyimpanan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *